Istilah yang Sering Digunakan dalam EMKL |
- Stripping = Proses Pengosongan barang dari container.
- Stuffing = Proses Loading atau muat barang ke dalam container.
- Dooring = Mengirimkan barang dari container menuju alamat tujuan.
- Lift On (Lo)* = Menaikan container ke atas alat angkut.
- Lift Off (Lo)* = Menurunkan container dari alat angkut.
- CY (Container Yard) = Tempat penumpukkan container
- CFS (Container Freight Station) = Gudang tempat Stuffing dan Stripping Container.
- FCL (Full Container Load) = Container yang berisi barang milik satu orang atau satu perusahaan.
- LCL (Less than Container Load) = Barang yang ada didalam container milik beberapa orang.
- SOC (Shipper Own Container) = Container milik shipper.
- COC (Carrier Own Container) = Container milik Carrier atau armada pelayaran/pengangkutan.
- Detention = Biaya yang dikenakan karena pemilik barang mengembalikan container melewati batas free time.
- Storage = Biaya yang dikenakan pelabuhan kepada pelayaran jika container tidak diambil hingga melewati batas free time yang diberikan oleh otoritas pelabuhan, biaya yang timbul akan ditagih ke shipper oleh pelayaran. Disebut juga Biaya Penumpukan.
- Demurrage = Biaya dikenakan oleh pelayaran kepada shipper jika container tidak dikembalikan ke depo.
- Pengiriman CY-CY = Pengiriman yang dilakukan dari Container Yard di kota pelabuhan asal ke Container Yard di kota pelabuhan tujuan.
- Pengiriman Door to Door = Pengiriman yang dilakukan dari tempat asal barang berada (dijemput) ke alamat tujuan langsung. barang dijemput dan diantar door to door.
- Pengiriman CY to Door = pengiriman yang dilakukan dari Container Yard di kota pelabuhan asal ke Alamat tujuan langsung di kota tujuan.
- Pengiriman Door to CY = Pengiriman yang dilakukan dari alamat asal kota pelabuhan ke Container yard kota pelabuhan tujuan.
* Digabung menjadi Lo-Lo. Jadi, ada biaya Lolo di depo. Biasanya sdh jadi satu dengan biaya THC.
Sedangkan istilah-istilah dalam pelayaran secara umum adalah sebagai berikut :
- Shipper : atau biasa lebih dikenal dengan pengirim barang. Pada dokumen-dokumen yang dilampirkan seperti : BL (Bill of Lading), Packing List, Commercial Invoice, dll. Nama dan alamat lengkap Shipper harus tertulis dengan jelas.
- Consignee : atau lebih dikenal dengan penerima barang. Sama seperti shipper, nama dan alamat lengkap consignee harus tertulis jelas, pada dokumen-dokumen seperti ; BL (Bill of Lading, Packing List, Commercial Invoice, dll
- Vessel : Kapal
- Voy (Voyage) : Nomor keberangkatan kapal.
- Descriptions of goods : Deskripsi barang terdapat pada packing list (lengkap) dan Bill of Lading.
- G.W (Gross Weight) : Berat kotor dari barang dan kemasan barang itu sendiri. Contoh berat barang 2 Kgs dan berat kemasannya 0,5 Kgs maka G.W : 2,5 Kgs.
- N.W (Net Weight) : Berat bersih barang sebelum di kemas
- LCL (Less than Container Load) : pengiriman barang yang kapasitasnya dibawah standar kapasitas muat kontainer.
- FCL (Full Container Loaded) : Pengiriman barang dengan menggunakan kontainer.
- CY : Container Yard yaitu mode pengiriman dari tempat penumpukan petikemas.
- DOOR : Alamat gudang atau lokasi asal serta lokasi pengambilan barang yang akan dikirim.
- ETD (Estimation Time of Departure) : adalah perkiraan waktu keberangkatan kapal.
- ETA (Estimation Time of Arrival) : adalah perkiraan waktu kedatangan kapal.
- B/L (Bill of Lading) : adalah Konosemen atau bukti pengiriman barang dan pengambilan barang.
- P.O.L (Port Of Loading) : adalah pelabuhan muat.
- P.O.D (Port Of Discharge) : adalah pelabuhan bongkar.
- UTPK : adalah Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas.
- DEPO : Tempat penumpukan container kosong.
- O/S (Open Stack) : adalah waktu dibukanya kontainer/ barang boleh ditempatkan di warehouse atau UTPK.
- C/T (Closing Time) adalah waktu ditutupnya pemasukan/ penumpukan barang di warehouse atau UTPK.
- DO (Delivery Order) : adalah surat yang diterbitkan pihak shipping atau forwarder kepada shipper sebagai bukti pengambilan kontainer kosong.
- Stuffing : adalah proses pemuatan barang ke dalam kontainer.
- Stripping: adalah proses bongkar muat barang dari kontainer.
- Part of Shipment : adalah pengiriman barang yang menggunakan 1 kontainer, dimana dalam kontainer tersebut terdiri dari beberapa nama shipper namun dengan tujuan satu consignee.
- Dry Container : adalah standar kontainer yang digunakan untuk mengangkut barang-barang biasa. Seperti : besi, sembako, keramik, cat, furniture, dan bahan bangunan.
- Reefer Container : adalah jenis kontainer yang memiliki pengatur suhu dingin. Biasanya digunakan untuk pengiriman produk yang makanan frozen dan makanan hidup seperti ; ikan, buah-buahan, sayur-sayuran. dll
Salam kenal
ReplyDeleteDengan hormat,Kami menawarkan jasa pengiriman dan pengurusan Impor barang dari manca negara to Indonesia
Service kami sbb:
Impor Door to Door Services
Impor Under Name
Impor Customs Clearance
Terima kasih
Jamali ali
P/WA +62 813 1091 6667
Salam kenal
ReplyDeleteDengan hormat,Kami menawarkan jasa pengiriman dan pengurusan Impor barang dari manca negara to Indonesia
Service kami sbb:
Impor Door to Door Services
Impor Under Name
Impor Customs Clearance
Terima kasih
Jamali ali
P/WA +62 813 1091 6667
Salam kenal
ReplyDeleteDengan hormat,Kami menawarkan jasa pengiriman dan pengurusan Impor barang dari manca negara to Indonesia
Service kami sbb:
Impor Door to Door Services
Impor Under Name
Impor Customs Clearance
Terima kasih
Jamali ali
P/WA +62 813 1091 6667